Biaya Umroh Magelang Tahun 2023 – 2024, Ayo Bongkar Kebenaran

Home » Artikel Islami » Umroh dan Haji » Biaya Umroh Magelang Tahun 2023 – 2024, Ayo Bongkar Kebenaran

Assalamu’alaikum, tulisan ini membahas tentang biaya umroh Magelang dan tips memilih tour / biro yang terpercaya. Pastikan Anda membaca dengan menyeluruh.

Pembahasan tentang Biaya Umroh Magelang ini merupakan topik sensitif yang biasanya tidak umum untuk dibahas, namun karena penulis blog ini bukanlah biro umroh maka dapat membahasnya dengan netral. Jadi kami tidak punya tendensi untuk mempromosikan produk kami sendiri. Semua bisa dibuka dengan sejujur-jujurnya.

Umumnya masyarakat kita (orang Indonesia) sering kali saat mendapatkan promosi perjalanan ibadah umroh, maka yang dilihat pertama kali adalah biaya umroh Magelang / ongkos / paket harganya. Mungkin termasuk Anda yang membaca tulisan ini. Benar bukan? he.. he…

Biaya Umroh Magelang yang Masuk akal

Banyak orang tergoda dengan harga yang terlalu murah saat melihat brosur paket biaya umroh Magelang, ataupun saat ada orang yang mempersentasikan layanan mereka. Saya sarankan untuk tidak tergoda dengan paket terlalu murah tersebut.

Pikirkan ulang kembali, jika biaya umroh Magelang yang ditawarkan oleh tour tersebut untuk membeli tiket pesawat saja tidak mencukupi, maka tinggalkan saja paket tersebut. Terlalu berbahaya jika Anda tetap nekat mendaftar, sudah banyak kasus biro abal-abal yang gagal memberangkatkan jamaahnya.

Nah, sebelum pandemi terjadi pihak kemenag sudah menetapkan standar biaya umroh Magelang dan untuk tiap-tiap kota di Indonesia. Standar paket umroh yang aman (Saat Itu) menurut kemenag ialah dimulai dari 20 juta. Pada masa pandemi kemenag mengubah lagi dengan nominal lainnya yaitu sekitar 28 juta (berlaku tahun 2022).

Kenaikan biaya umroh Magelang dan seluruh Indonesia ini disebabkan karena adanya tambahan biaya test PCR dan Karantina. Sumber yang saya gunakan valid, silahkan klik saja huruf hijau ini: Jawapos.

Bayak yang Tergoda Biaya Umroh Magelang Murah

Memang, ada paket-paket dan biaya umroh Magelang yang murah. Tapi tidak semua orang paham dan bisa membedakan mana paket yang masuk akal dan mana yang tidak masuk akal. Padahal saat ini banyak teknologi seperti traveloka, atau booking.com yang menyediakan informasi lengkap tentang tiket pesawat dan sebagainya.

Anda dapat menggunakan situs atau aplikasi tersebut untuk menjadi patokan agar dapat memperkirakan bepara biaya umroh Magelang yang masuk akal dan aman.

Contohnya:

Apabila saya ditawari paket biaya umroh Magelang dengan harga 10 juta rupiah dan dijanjikan pasti berangkat. Jujur saja saya tidak akan percaya pada promo tersebut. Saya akan langsung tolak.

Kenapa? Karena kalau saya cek harga tiket keberangkatan di traveloka untuk rute Jakarta-Madinah saja sudah 9 jutaan. Bagaimana mungkin saya bisa berangkat dengan biaya semurah itu? itu belum termasuk harga tiket pulang lho… belum biaya visa, hotel, manasik, perlengkapan, dan sebagainya.

Tidak Masuk Akal!

Biaya Umroh Magelang Super Murah biasanya Abal-abal

Seperti contoh yang sudah dibicarakan di atas, kemenag menentukan standar biaya umroh Magelang agar para tour dan travel menjaga kemamanan pelayanan yang diberikan. Dengan biaya yang sesuai, maka lebih mudah untuk tetap amanah. Saya sarankan, jangan ambil paket umroh super murah yang harganya tidak masuk akal. Carilah yang standar sesuai pada umumnya.

Ingat, risikonya jauh lebih besar mencari biaya umroh Magelang yang super murah ketimbang manfaatnya. Tidak hanya risiko Anda gagal berangkat, bisa-bisa jika Anda masuk di sistem mereka malah terbawa dalam kasus mereka.

Untuk perkara Ibadah, yakinlah bahwa Allah akan mengganti apa yang Anda keluarkan. Pasti!. Untuk Anda yang belum memiliki cukup biaya, kami doakan agar segera dipanggil menjadi tamu Allah di baitullah. Aamiin!

Dibawah Ini Rekomendasi Travel Umroh Magelang yang Terbukti Aman

Agar Anda tidak kebingungan untuk mencari perbandingan biaya umroh Magelang maka kami memberikan beberapa rekomendasi tour travel yang ada di Magelang. Berikut adalah beberapa rekomendasi biro yang aman dan terpercaya:

1. Biro Anda Mau Jadi Rekomendasi Pertama? ( Klik Disini! )

  • Alamat:
  • Jam Buka:
  • No Telp:
  • Whatsapp:
  • Website:
  • Nomor Izin:
  • Harga Mulai:
  • Deskripsi Biro Anda:
  • Foto & Dokumentasi Keberangkatan:

Rincian Biaya Umroh Magelang

Biasanya para Biro Tour Travel bidang umroh membagi paket mereka ke beberapa jenis. Jenis tersebut memiliki perbedaan dari segi hotel dan penerbangan. Hotel berbintang 3 pasti berbeda dengan hotel bintang 4 atau 5. Pesawat dengan garuda dengan pesawat dengan jenis lain pasti juga memiliki perbedaan harga. Untuk lainnya seperti visa, pasport, manasik, dan perlengkapan biasanya sama saja.

Tulisan ini membahas tentang biaya umroh Magelang dan tips memilih tour / biro yang terpercaya.

Berikut Element Rincian dari Biaya Umroh Joga yang standard secara umum yang tergolong ekonomis:

1. Biaya Umroh Pertama: Tiket Pesawat

Untuk tiket dari Indonesia ke Arab PP ada di angka sekitar 12 s/d 13 jutaan, itu untuk paket ekonomi. Bayangkan tiket saja sudah 60% dari bagian biaya.

Nah, harga ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pilihan jenis airline, rute yang langsung atau transit, tipe pesawat charter atau umum.

Untuk tiket perjalanan ibadah umroh, penerbangannya terbagi menjadi 2 macam, rute langsung ke Madinah atau Jeddah, lalu satunya lagi yaitu transit dari Indonesia ke negara tertentu dulu baru lanjut ke Arab Saudi. Itu dapat membuat perbedaan antara paket biaya umroh satu dengan lainnya.

Tentunyam tiket penerbangan langsung memiliki perbedaan lumayan jauh dibanding penerbangan transit yang lebih murah.

Tidak hanya itu, ada juga tiket 14 s/d 16 juta harganya. Jauh jika dibandingkan dengan tiket Low Cost seperti AirAsia. Tapi bisasnya fasilitas maupun service oleh pihak maskapai juga berbeda.

Para biro umroh di Magelang biasanya sudah membuat paket Biaya Umroh Magelang mereka berdasarkan jenis-jenis maskapai tersebut.

2. Hotel Standar 4 Orang (Quard)

Element biaya umroh Magelang kali ini cukup penting, karena sering menjadi permasalahan dalam pelaksanaannya. Ada beberapa jamaah yang menginginkan kenyamanan tinggi tetapi memilih paket biaya umroh dengan hotel yang ekonomis. Menurut saya itu tidak bijak.

Para perusahaan Travel Umroh / Biro umumnya memiliki langganan hotel yang sudah biasa digunakan untuk akomodasi jamaah mereka. Maka dari itu untuk tarif hotel bisa relatif berbeda. Kualitasnya juga tentunya sangat berbeda satu dengan lainnya. Bahkan harga hitel di Madinah dan di Mekkah juga ada perbedaan, lebih mahal di Mekkah.

Dengan standard bintang 3 biasanya harga hotel di Madinah berkisar antara 750 rb s/d 1,1 jt per malam. Hotel di Madinah biasanya tidak terlalu jauh dari Masjid Nabawi, hanya beriksar antara 100-200 meter. Untuk di Mekkah harga hotel bintang 3 agak lebih mahal yaitu 950ribu – 1,6 juta untuk semalam dan jaraknya biasanya lumayan jauh sekitar 500 meter s/d 1km. Bahkan untuk yang paket lebih murah lagi, jamaah harus menggunakan bus untuk menuju Masjidil Haram.

Apabila Anda mengambil paket yang bintang 4 dan 5, maka Anda akan mendapatkan jarak hotel yang lebih dekat. Selain itu, biasanya fasilitas yang disediakan hotel juga berbeda namun biayanya jauh lebih mahal. Untuk umroh selama 7 hari, jamaah akan berada di Madinah 3 hari dan berlanjut di Mekkah 4 hari.

3. Visa Umroh

Untuk visa, pastinya tidak akan ada perbedaan antara biro satu dengan lainnya. Karena penetapan harga visa bukanlah dari biro melainkan Arab Saudi yang menentukan. Biaya visa biasanya ada di kisaran 40 U$D atau 45 U$D. Semua proses visa biasana akan dibantu oleh biro yang bersangkutan. Di bulan Ramadhan, visa biasanya mengalami kenaikan harga sehingga biaya umroh Magelang di bulan Ramadhan akan berbeda.

4. Konsumsi

Konsumsi ini perihal penting, karena biasanya luput dari perhatian jamaah. Semua makanan sudah termasuk dalam paket biaya umroh Magelang yang dibayarkan. Rata-rata per porsi antara 40-50 ribuan (karena standard harga Arab), jadi untuk 7 hari di Arab Saudi biaya makan satu jamaah berkisar antara 1 s/d 1,5 jutaan.

Jenis makanan bisa dalam bentuk makanan Nusantara maupun masakan luar. Tanyakan pada biro tempat Anda mendaftar sebelum keberangkatan.

5. Tour Leader / Pembimbing

Tour leader biasanya adalah orang yang akan membantu Anda untuk masalah teknis seperti mendampingi jamaah maupun pengurusan tiket, sewa kamar, konsumsi, dan sebagainya. Biayanya sudah include dalam paket biaya umroh Magelang yang Anda bayarkan.

Dengan kisaran biaya sebesar 20 juta rupiah, plus menanggung visa progresif beliau sebear 2000 SR dan upah sebagai leader, perkiraan biaya tersebut jika dibagi rata pada 45 jamaah maka per orang hanya terkena biaya 600 – 700 ribu.

6. Sewa Bus

Bus yang disewa biro biasanya adalah BUS AC dengan kapasitas 48 orang. Biaya yang diperlukan sekitar 800rb rupiah jika dibagi rata pada 45 orang jamaah sekali keberangkatan. Ada juga bus kecil berisi 20 orang untuk rombongan kecil. Tenang, biaya umroh Magelang biasanya sudah termasuk dalam hal ini.

7. Layanan Handling Bandara

Untuk memperlancar proses cek in di bandara, memasukkan troli dan koper di bandara ada jasa handling. Tugas mereka adalah membantu jamaah untuk urusan di bandara. Untuk biaya handling ini sekitar 500rb s/d 750rb, tergantung kondisi.

Biasanya jamaah dibantu dalam memasukkan koper, proses masuk check-in, serta bantuan troli selama ada di bandara. Nah jasa handling bandara inilah yang dipakai untuk memperlancar keperluan itu.

Harga jasa layanan handling sekitar 500 – 750 ribu per jamaah sesuai kondisi. Namun harap dicata bahwa tidak semua lho biro umroh menyediakan jasa ini.

Untuk paket umroh yang terlau murah, bisa dicek ke biro, ada kemungkinan jamaah mengurusi handling sendiri untuk menghemat biaya paket.

8. Manasik

Manasik adalah bimbingan teknis terkait perjalanan umroh beserta tata cara ibadahnya. Biasanya berisi teori dan praktik simulasi saat berada di Tanah Suci. Proses manasik yang baik tentunya membutuhkan biaya untuk mengundang pengisi acara, tempat, konsumsi dan administrasi lainnya. Hal tersebut sudah termasuk dalam paket biaya umroh Magelang yang Anda bayarkan.

9. Muthowif / Guide

Muthowif ini adalah pendamping Anda untuk proses Ibadah. Muthowif berbeda dengan tour leader, jika tour leader mengurus segala administrasi di bandara. Maka muthowif akan mendampingi Anda untuk seluruh kegiatan ibadah di tanah suci nantinya.

Pengalaman dan kecekatan tiap muthowif tentu saja berbeda. Perbedaan tersebut biasanya berpengaruh pada besaran fee untuk pendampingan per rombongan. Tarif 250-400 ribu perjamaah dari biaya umroh Magelang yang Anda bayarkan biasanya dikumpulkan menjadi satu oleh biro untuk membayar mereka, muthowif akan mendampingi Anda selama 7 hari full.

Para muthowif ini biasanya sudah tinggal dan berada di Arab Saudi, sehingga bisa lancar berkomunikasi dengan orang-orang lokal. Tapi apabila Anda ingin mencoba kurus bahasa arab sebelum berangkat ke tanah suci, menurut saya jauh lebih baik.

10. Perlengkapan Umroh

Perlengkapan yang dimaksud di sini adalah tas koper, tas jinjing, kain ikhram, dan sebagainya. Biaya umroh Magelang yang Anda bayarkan sudah termasuk dalam perlengkapan ini. Kisaran total harga dari perlengkapan ini sekitar 1 juta.

11. Biaya Umroh Magelang Biasanya Sudah Include Keuntungan Biro

Nah ini penting, umumnya biaya umroh Magelang yang Anda bayarkan pada tour travel sudah termasuk keuntungan kotor 5 s/d 15%. Keuntungan ini digunakan untuk berbagai hal seperti gaji karyawan, pajak, administrasi dan akomodasi bolak-balik untuk pengurusan visa atau paspor Anda yang cukup rumit.

Namun, tentu saja tidak menutup kemungkinan ada biro yang mengambil keuntungan lebih dari itu. Selama semua amanah dan terjamin maka menurut kami sah-sah saja.

Tips Memilih Travel Umroh Magelang

Tidak hanya sekadar membongkar biaya umroh Magelang yang sebenarnya. Ada juga tips yang kami berikan dalam memilih travel umroh Magelang yang akan Anda pilih.

1. Kunjungi Alamat Kantor Travel

Cobalah untuk mengunjungi kantor travel umroh yang Anda inginkan. Datanglah dan berkomunikasi dengan petugas yang Ada, tanyakan juga detail biaya umroh Magelang yang ditawarkan. Cocokkan dengan biaya-biaya yang telah Anda pelajari di atas tadi.

2. Cek Izin Travel Umroh Magelang Yang Terdaftar Kemenag

Setelah Anda memastikan biaya umroh Magelang yang ditawarkan aman, Anda dapat menanyakan tetnang izin resmi dari tour travel yang Anda gunakan. Biasanya biro akan memberikan nomor izinnya, catatlah nomor izin tersebut. Cek kembali izin tersebut di Kemenag, atau Anda juga bisa mencarinya di google.

3. Cek Rekam Jejak / Reputasi

Setiap biro yang terpercaya biasanya telah memberangkatkan banyak jamaah. Sangat mudah untuk menilai dan memastikan pelayanan yang diberikan seperti apa, saya berikan 2 tips ini:

  • Cara manual, carilah informasi dari jamaah yang pernah berangkat menggunakan biro tersebut. Tanyakan tentang layanan yang diberikan, lalu Anda perhitungkan biaya umroh Magelang yang ditawarkan.
  • Cara Digital, yaitu dengan cek reputasinya di internet. Anda dapat menggunakan google maps dan melihat rating dari jamaahnya. Jangan baca yang baik-baik, baca juga rating terkecilnya.

4. Cek Cara Pembayaran Biaya Umroh Magelang

Sebuah perusahaan yang resmi tentu memiliki rekening atas nama perusahaan tersebut. Jangan mau membayarkan biaya umroh Magelang Anda ke rekening pribadi. Mintalah rekening atas nama perusahaan tersebut.

Apabila Anda menemui travel yang memaksa untuk membayar biaya tersebut ke rekening pribadi, maka saran saya tinggalkan saja.

5. Sekali Lagi, Jangan Tergiur Biaya Umroh Magelang yang Terlalu Murah

Sudah banyak korban yang tertipu dengan promo yang terlau fantastis. Anda mungkin pernah membaca berita mengenai travel yang akhirnya gagal memberangkatkan ribuan jamaah. Itu adalah akibat dari tergiur dengan harga yang tidak masuk akal.

6. Janji Keberangkatan

Dalam Ibadah umroh pada dasarnya tidak ada antrian, tidak seperti haji. Umroh bisa berangkat kapanpun, jadi jangan percaya pada biro yang menjanjikan berangkat tahun depan. Sekali lagi JANGAN PERCAYA!. Normalnya keberangkatan biro umroh itu jedanya 1 bulan dari pendaftaran. Hal ini dikarenakan pihak biro biasanya mengurus visa, tiket, manasik dan sebagainya.

Bahkan sebetulnya untuk ibadah umroh, Anda dapat berangkat sendiri tanpa biro manapun asalkan Anda mengerti mengurus visa membeli tiket internasional, bahasa dan sebagainya. Biro hanya fasilitas yang menjadi pengurus kebutuhan Anda saja.

Baik, demikian saja pembahasan tentang biaya umroh Magelang dan tips memilih tour dari kami. Semoga bermanfaat.

Catatan: Tulisan Tentang Biaya Umroh Magelang ini adalah sebagai bahan edukasi dan pembelajaran kepada para calon jamaah umroh. Semoga dengan ini dapat meningkatkan awareness demi keamanan perjalanan.

Protected by Copyscape
ustadz logo islam

Selamat Datang di Situs Ustadz.my.id, kumpulan artikel seputar pendidikan Agama Islam.

Random Quote

"Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra: 32)