Ustadz My.ID Blog Pendidikan Agama Islam yang membahas tentang pengetahuan Islam secara umum. Mari sampaikan kebaikan meskipun hanya satu kata.

Kisah Nabi Muhammad SAW (Singkat)

3 min read

kisah nabi muhammad

Muhammad adalah rasul dan nabi terakhir dalam Islam. Sebagian besar kehidupan awalnya dihabiskan sebagai pedagang. Pada usia 40, Nabi Muhammad mulai mendapat wahyu dari Allah yang menjadi dasar bagi Alquran dan fondasi Islam. Ada banyak sekali hal yang bisa diteladani dari kisah Nabi Muhammad mulai dari kepandaiannya beliau dalam berdagang, keteguhannya dalam berdakwah dan ketaatannya.

Muhammad adalah nabi yang sangat tekun menyebarkan agama Islam dan mengajarkan tentang Al-Qur’an. Seperti apakah kehidupan Nabi Muhammad mulai beliau kecil hingga dewasa dan menjadi utusan terakhir Allah?

Kehidupan Muhammad

Muhammad lahir sekitar tahun 570 di Mekah, Arab Saudi dan meninggal pada tanggal 8 Juni 632 di Madinah Muhammad secara tradisional dikatakan lahir pada tahun 570 di Mekah dan meninggal pada tahun 632 di Madinah. Muhmmad berhijrah dengan dari Mekah ke Madinah di tahun 622.

Ayahnya meninggal sebelum beliau dilahirkan dan beliau dibesarkan oleh kakeknya dan kemudian pamannya. Muhammad berasal dari keluarga miskin suku Quraisy yang terhormat. Keluarga itu aktif dalam politik dan perdagangan Mekah.

Baca juga tentang silsilah nabi dan rasul lengkap.

Banyak suku yang tinggal di Semenanjung Arab pada saat itu adalah nomaden, berdagang barang saat mereka melintasi gurun. Sebagian besar suku menyembah berhala buatan mereka sendiri. Kota Mekah adalah pusat perdagangan dan keagamaan yang penting, rumah bagi banyak kuil dan tempat-tempat ibadah di mana orang-orang yang setia berdoa kepada berhala.

 Situs yang paling terkenal adalah Ka’bah yang artinya kubus dalam bahasa Arab. Diyakini telah dibangun oleh Ibrahim dan putranya Ismail. Secara bertahap orang-orang Mekah beralih ke politeisme dan penyembahan berhala. Dari semua Tuhan yang disembah, diyakini bahwa Allah dianggap sebagai yang terbesar dan satu-satunya yang patut disembah.

Di awal masa remajanya, Muhammad berdagang ikut pamannya. Ia mengikuti jejak banyak orang seusianya, yang lahir dari keluarga yang kurang mampu. Ia bekerja untuk pamannya dan dari berdagang itulah ia memperoleh pengalaman.

Dari pengalamannya berdagang, maka Muhammad mencoba bepergian ke Suriah dan akhirnya dari Laut Mediterania ke Samudra Hindia.

Dari aktivitas berdagangnya itu, Nabi  Muhammad mendapat pujian sebagai orang yang jujur ​​dan tulus, sehingga ia memperoleh julukan “al-Amin” yang berarti dapat dipercaya.

Di awal usia 20-an, Muhammad mulai bekerja untuk seorang saudagar kaya bernama Khadihah, yang usianya 15 tahun lebih tua darinya. Khadijah tertarik pada pria muda yang ulung ini dan iapun melamar Muhammad.

Muhammadpun menerima dan Muhammad menikah saat usianya 25 tahun dan Khadijah 40 tahun. Dari pernikahan yang bahagia itu, keduanya dikaruniai beberapa anak.

Nabi Muhammad Diangkat Menjadi Nabi

Kisah Nabi Muhammad yang sangat menginspirasi adalah perjalanan dakwahnya. Nabi Muhammad dikenal orang yang sangat religius, kadang-kadang ia melakukan perjalanan dakwah ke tempat-tempat suci di dekat Mekah.

Pada salah satu ziarahnya di tahun 610, ia bermeditasi di sebuah gua di Gunung Jabal Nur. Malaikat Jibril kemudian muncul dan menyampaikan firman Tuhan yakni Al-Alaq ayat 1-5. Ayat-ayat itu kemudian menjadi ayat pembuka dari 96 ayat surat al-alaq dalam alqur’an.

Kebanyakan sejarawan Islam percaya bahwa Muhammad pada awalnya tidak percaya dengan wahyu yang diterimanya sehingga ia tidak mengungkapkannya di depan umum selama beberapa tahun. Setelah mendapat wahyu, rang pertama yang percaya adalah istrinya, Khadijah dan teman dekatnya Abu Bakar.

Setelah mendapat wahyu, maka Nabi Muhammad mulai berdakwah meski secara sembunyi-sembunyi. Ia mulai mengumpulkan pengikut kecil yang mau beriman kepada Allah Swt. Kebanyakan orang di Mekah mengabaikannya atau mengejeknya dan tidak percaya dengan apa yang disampaikan Muhammad.

Namun, ketika pesannya mengutuk penyembahan berhala dan kekufuran, banyak pemimpin suku Mekah mulai melihat Muhammad dan pesannya sebagai ancaman. Selain bertentangan dengan kepercayaan yang telah lama ada, kecaman terhadap penyembahan berhala Muhammad memiliki konsekuensi ekonomi bagi para pedagang yang melayani ribuan jamaah haji yang datang ke Mekah setiap tahun.

Ancaman ini terutama berlaku untuk anggota suku Muhammad sendiri, Quraisy, yang merupakan penjaga Ka’bah. Merasakan ancaman dari dakwah Nabi Muhammad, maka pedagang dan pemimpin Mekah menawarkan upah kepada Muhammad untuk meninggalkan dakwahnya, tetapi beliau menolak.

Semakin banyak perlawanan terhadap Muhammad dan para pengikutnya maka nabi Muhammad akhirnya dipaksa untuk pindah dari Mekah ke Madinah, sebuah kota yang berjarak 260 mil ke utara. Muhammad hijrah pada tahun 622.

Peristiwa ini menandai awal dari kalender Muslim. Di sana Muhammad berperan penting dalam mengakhiri perang saudara yang berkecamuk di antara beberapa suku kota. Muhammad kemudian menetap di Madinah, membangun komunitas Muslimnya dan secara bertahap mengumpulkan banyak pengikut.

Kemudian antara tahun 624 dan 628, umat mslim terlibat dalam serangkaian pertempuran dari orang-orang kafir untuk bertahan hidup. Dalam peperangan besar terakhir, Pertempuran Parit dan Pengepungan Madinah, Muhammad dan para pengikutnya menang dan sebuah perjanjian ditandatangani.

Namun sayangnya perjanjian itu dilanggar oleh sekutu Mekah setahun kemudian. Setelah itu Muhammad memiliki banyak kekuatan dan kekuasaan dari para pemimpin Mekah a. Pada 630, tentara Muslim berbaris ke Mekah dan mengambil kota Mekah.

Muhammad memberikan amnesti kepada banyak pemimpin Mekah yang telah menentangnya dan sebagian besar penduduk Mekah akhirnya mau masuk Islam. Muhammad dan para pengikutnya kemudian melanjutkan untuk menghancurkan semua patung berhala di sekitar Kabah.

Setelah konflik dengan Mekah akhirnya diselesaikan, Muhammad melakukan ziarah Islam pertamanya ke kota Mekah dan pada bulan Maret 632. Nabi Muhammad menyampaikan dakwah terakhirnya di Gunung Arafat.

Setelah kembali ke Madinah, ia jatuh sakit selama beberapa hari. Muhammad kemudian meninggal pada tanggal 8 Juni 632, pada usia 62, dan dimakamkan di Masjid Nabawi salah satu masjid pertama yang dibangun oleh Muhammad di Madinah.

Hikmah dari Kisah Nabi Muhammad

Pelajaran hidup dapat ditemukan di mana saja. Beberapa orang mencari inspirasi dan pengetahuan di kelas dan di buku-buku, sedangkan yang lain mencari pelajaran kehidupan dengan mengamati langsung peristiwa di sekitarnya. Kita sebagai umat muslim tentu bisa memetik hikmah yang banyak dari kisah Nabi Muhammad. Apa sajakah pelajaran hidup yang bisa diambil?

  • Jujur dalam berdagang

Dari kisah Nabi Muhammad yang giat berdagang dari kecil, tentu kita bisa memetik pelajaran dari sikap beliau yang sangat jujur ​​dan dapat dipercaya dalam urusan sehari-harinya. Jujur adalah hal yang sulit dilakukan saat itu ketika pedagang  biasa menipu untuk mendapatkan keuntungan kecil. Dari kejujurannya itu ia dipertemukan dengan Khadijah.

  • Menjunjung tinggi kebenaran setiap saat

Sebelum malam Muhammad diangkat sebagai Utusan terakhir, seluruh kota Mekah memanggil beliau dengan nama-nama Al-Shadiq dan Al-Amin. Nama itu tidak hanya menempatkan kepercayaan orang-orang pada dirinya tetapi juga ketika ia akhirnya mulai mengabarkan agama Tuhan, orang-orang makin percaya dengan apa yang didakwahkan.

  • Sangat fokus pada misi dakwahnya

Nabi Muhammad begitu fokus pada dakwahnya untuk menyebarkan firman Allah sehingga beliau siap menanggung setiap kesulitan yang datang kepadanya.

Bagaimana? Apakah kita senantiasa fokus dengan dakwah yang kita lakukan atau sudah jujur dalam setiap tingkah laku kita sehari-hari? Semoga dari kisah Nabi Muhammad ini bisa menginspirasi kehidupan kita sebagai umat muslim yang berkualitas.

Sumber :

  • Sejarah Hidup Nabi-Nabi (Qashahul Anbiya’), H. Salim Bahrein, PT Bina Ilmu : Surabaya, 2007.
  • Gambar: pexels.com
Ustadz My.ID Blog Pendidikan Agama Islam yang membahas tentang pengetahuan Islam secara umum. Mari sampaikan kebaikan meskipun hanya satu kata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *