Ustadz My.ID Blog Pendidikan Agama Islam yang membahas tentang pengetahuan Islam secara umum. Mari sampaikan kebaikan meskipun hanya satu kata.

Apa saja Persiapan Umroh Sebelum Berangkat?

2 min read

persiapan umroh

Banyak sekali yg sering bertanya tentang persiapan umroh. Beberapa diantaranya adalah tentang perlengkapan umroh yg harus dibawa, ada juga yang menanyakan tentang manasik umroh dan haji. Semua demi mencapai umroh mabrur.

Nah untuk membantu calon jamaah yang akan menjadi tamu Allah di tanah suci, kami akan coba membantu menjawab. Apabila jawaban yang kami berikan dirasa belum lengkap, maka kami sarankan untuk mencari referensi di tempat lainnya.

Maka dari itu, mari kita mulai bedah satu-persatu tentang persiapan umroh.

Persiapan Umroh 1: Kondisi Tubuh

Kondisi fisik adalah hal pertama yang harus diperhatikan untuk persiapan umroh. Dengan kondisi fisik yang prima, Anda dapat melakukan ibadah dengan lebih maksimal. Cari informasi mengenai tips menjaga daya tahan tubuh dan lakukan olahraga ringan setiap hari menjelang keberangkatan.

Persiapan Umroh 2: Informasi Musim

Jangan lupa untuk mencari informasi detail mengenai musim keberangkatan Anda. Apakah masuk di musim panas, atau masuk pada musim dingin. Hal ini dapat membantu Anda menyesuaikan diri Anda dan barang-barang yang perlu Anda bawa.

Persiapan Umroh 3: Manasik

Manasik umroh biasanya berisi arahan-arahan oleh biro maupun ustadz mengenai perjalanan umroh yang akan Anda lakukan. Di Amana Tour & Travel, kami melakukan minimal 2x manasik.

Pertama, Manasik umroh pertama adalah manasik ibadah, membahas penuh tentang ibadah beserta praktiknya. Tujuannya agar calon jamaah tidak bingung saat berada di tempat ibadah.

Kedua, manasik teknis. Manasik ini berisi tentang hal-hal teknis seputar perjalanan. Misalnya pengetahuan tentang tiket, visa, nama hotel, toilet training, ittinerary perjalanan, fungsi muthowif, pengaktifan kartu data, dan masih banyak lainnya. Semua dibahas lengkap, jika belum maka silahkan kunjungi artikel tentang Rukun Umroh.

Persiapan Umroh 4: Perlengkapan Umroh

Bagian ini cukup penting, karena perlengkapan umroh adalah bagian penting yg akan memudahkan jamaah melaksanakan ibadah. Berikut perlengkapan umroh yang penting untuk diperhatikan.

Perlengkapan Umroh Pria

  1. Kain Ihram.
    Kain ihram penting untuk diperhatikan, pernah ada satu jamaah yang tertinggal sehingga harus membeli lagi di Arab Saudi. Jika perlu membawa kain cadangan untuk berjaga-jaga apabila kotor.
  2. Sandal dan Tas Plastik
    Pastikan sandal yang Anda pilih tidak mengganggu aktifitas beribadah. Hindari sandal yang menutupi mata kaki. Pada ibadah tertentu seperti thawaf dan sa’i, jamaah tidak boleh menggunakan sandal. Tas plastik disini dimaksudkan untuk menyimpan sandal, karena meskipun terdapat rak di masjid tapi tempatnya sangat terbatas.
  3. Sabuk Haji.
    Fungsinya untuk mengikat kain ihram sehingga tidak mudah longgar atau melorot. Jika ada, maka carilah yang ada dompetnya, sehingga dapat menimpan uang.
  4. Kacamata Hitam.
    Kaca mata ini hanya dibawa bila perlu, agar tidak silau saat siang hari.
  5. Baju Muslim.
    Gunakan baju yang nyaman dipakai untuk aktifkitas. Cukup membawa sesuai jumlah hari saja. Tidak perlu berlebihan.
  6. Celana Bahan.
    Celana bahan hanya membutuhkan sedikit ruang untuk disimpan, berbeda dengan jeans yang tebal. Namun, saat musim dingin lebih baik menggunakan jeans.
  7. Pakaian Tidur.
    Bawalah secukupnya, bawalah jenis pakaian sopan. Karena Anda pasti tidak sendirian di dalam hotel. Namun jika Anda menggunakan hotel dengan keluarga saja maka terserah.
  8. Pakaian Dalam.
    Ini adalah bagian penting, jangan lupa membawa pakaian dalam yang cukup. Terutama untuk orang-orang dengan gangguan tertentu yg berkaitan dengan organ vital.
  9. Pelembab Kulit.
    Fungsinya untuk melembabkan kulit, agart idak kering dan pecah-pecah.
  10. Jaket atau Sweeter.
    Perhatikan musimnya, apabila pada saat cuaca dingin pastikan membawa jaket.
  11. Jaket Tipis.
    Apabila Anda berangkat di cuaca panas, maka cukup membawa jaket yang tidak terlalu tebal.
  12. Sajadah yang Tipis.
    Anda tidak perlu membawa sajadah yang tebal, karena areal masjid sudah dilengkapi sajadah.
  13. Perlengkapan Mandi.
    Handuk kecil, sikat gigi, pasta gigi, shampo kemasan kecil (sachet). Hal ini dimaksudkan agar tetap tersedianya alat mandi. Memang pihak hotel telah menyedikan, namun antisipasi apabila jumlahnya tidak cukup.
  14. Kaus Kaki.
    Di Dalam hotel, semua ber AC, pakailah kaus kaki untuk tidur. Khusus bagi Anda yang tidak tahan dengan suhu AC.
  15. Perlengkapan Gadget.
    Perihal charger dan colokan listrik, harap disesuaikan. Stop kontak di berbagai negara sering kali berbeda. Di Arab Saudi jelas berbeda dengan kita di Indonesia.
  16. Obat-obatan.
    Ini penting sekali, bawalah obat-obatan sederhana yang dapat ditemukan di toko atau warung terdekat. Tujuannya agar dapat mengatasi situasi darurat sederhana seperti flu, batuk, diare, pegal-pegal, dll.
  17. Masker.
    Anda juga dapat membawa masker untuk menghindari debu atau bila Anda terkena flu agar tidak menulari jamaah lainnya.

Perlengkapan Umroh Wanita

Secara garis besar, memang perlengkapan yang dibawa oleh laki-laki dan perempuan sama. Namun ada hal-hal yang berbeda, seperti:

  • Sandal dan Kaus Kaki
    Perempuan dapat menggunakan kaus kaki saat thawaf dan sa’i.
  • Sabuk Haji
    Wanita tidak memerlukan sabuk haji, karena tidak menggunakan kaih ihram.
  • Mukena Atasan
    Bawalah mukena atasan beserta cadangannya.

Persiapan Umroh 5: Umroh Mabrur

Perisapan umroh terakhir adalah dengan memahami bagaiaman umroh mabrur itu sendiri. Tujuannya adalah agar apa yang Anda lakukan mendapat ridho Allah SWT. Tentu saja sebagai sesama umat Islam berharap Ibadah Anda mabrur, aamiin.

Baca Juga:

Ustadz My.ID Blog Pendidikan Agama Islam yang membahas tentang pengetahuan Islam secara umum. Mari sampaikan kebaikan meskipun hanya satu kata.

3 Replies to “Apa saja Persiapan Umroh Sebelum Berangkat?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *