Ustadz My.ID Blog Pendidikan Agama Islam yang membahas tentang pengetahuan Islam secara umum. Mari sampaikan kebaikan meskipun hanya satu kata.

Silsilah Nabi dan Rasul

4 min read

Silsilah Nabi dan Rasul

Islam mengajarkan bahwa Allah telah mengirim para nabi ke umat manusia, di waktu dan tempat yang berbeda, untuk menyampaikan pesan Allah Swt. Sejak awal waktu, Allah telah mengirimkan bimbingan-Nya melalui orang-orang pilihan-Nya yakni Nabi dan Rasul. Sebagai umat Islam, maka sudah sewajarnya untuk mengetahui silsilah nabi dan rasul.

Nabi dan Rasul adalah orang-orang yang mengajarkan tentang iman kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan bagaimana umat harus berjalan di jalan kebenaran. Beberapa nabi juga mengungkapkan Firman Allah melalui kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah Swt. Untuk mengetahui silsilah nabi dan rasul, berikut ini adalah penjelasannya.

Silsilah Nabi Dan Rasul

Nabi Adam

Nabi Adam Alaihissalam berusia  930 tahun dan ia adalah nabi pertama yang memiliki keturunan bernama, silsilah keturunan Adam dan Hawa pertama kali:

  1. Qabil
  2. Habil
  3. Luluwa
  4. Awan
  5. Azura
  6. Syits

Untuk membaca kisahnya lengkap, silahkan akses artikel Kisah Nabi Adam.

Nabi Idris

Nabi Idris adalah keturunan dari Nabi Adam, di mana ayahnya yang bernama Yarid adalah cucu empat keturunan dari Syits kemudian Anusy lalu Qainan, Mahlail hingga kemudian Yarid yang melahirkan Nabii Idris.

Nabi Nuh

Nabi Nuh merupakan nabi ketiga dengan garis silsilah Nabi Idris dan istri yang melahirkan Mutawasylah kemudian Lamak dan memilki putra Nabi Nuh. Nabi Nuh kemudian memiliki empat anak yakni :

  1. Sam
  2. Ham
  3. Yafits
  4. Kan’an

Cerita tentang nabi nuh yang lebih panjang, silahkan klik artikel Kisah Nabi Nuh.

Nabi Hud

Sebagai nabi keempat, bisa dikatakan silsilah kenabian Hud cukup panjang. Nabi Hud merupakan cucu dari Nabi Nuh dari putranya yang bernama Sam. Sam memiliki putra Iram kemudian ‘Aush (‘Uks) kemudian ‘Ad kemudian al-Khulud lalu Rabah dan Rabah memiliki anak bernama Abdullah yang merupakan ayah Nabi Hud.

 Nabi Saleh

Nabi  Saleh juga memiliki garis keturunan silsilah nabi dan rasul yang panjang. Beliau merupakan cucu dari Sam putra Nabi Nuh. Sam memiliki anak Iram kemudian Amir lalu Tsamud lalu Hadzir berlanjut ke Ubaid lalu Masah lalu Asif dan kemudian Ubaid memiliki putra yang kemudian menjadi nabi, yakni Saleh alaihissalam.

Nabi Ibrahim

Nabi  Ibrahim memiliki garis keturunan dari Sam putra Nabi Nuh yang kemudian memiliki putra Arfakhsyadz kemudian Syalih kemudian Abir lalu Falij dan istri yang melahirkan nabi Ibrahim.

Baca Juga Kisah Nabi Ibrahim Melawan Raja Namrud

Nabi Luth

Nabi  Luth meupakan nabi ketujuh yang memiliki garis keturunan yang sama dengan Nabi Ibrahim, yang mana Falij ayahanda Nabi Ibrahim memiliki anak selain Nabi Ibrahim dan menjadi garis keturunan nabi Luth. Falij memiliki putra Ra’u kemudian Saruj kemudian Nahur lalu Azar lalu Haran, ayah dari Nabi Luth.

Nabi Ismail

Semua umat Islam pasti sudah mengetahui bahwa silsilah nabi Ismail sendiri merupakan putra dari Nabi Ibrahim dari istri kedua Nabi Ibrahim bernama Siti Hajar.

Nabi Ishaq

Nabi  Ishaq juga memiliki garis silsilah keturunan yang sama dengan Ismail, yakni putra Nabi Ibrahim dari istri pertama, yakni Sarah.

Nabi Ya’qub

Nabi kesepuluh yakni Ya’qub memiliki garis keturunan langsung dari Nabi kesembilan, yakni Nabi Ishaq. Nabi Ishaq memiliki 2 nak perempuan dan 10 anak laki-laki di mana salah satunya menjadi nabi.

 Nabi Yusuf

Nabi  Yusuf adalah nabi kesebelas yang merupakan keturunan langsung dari Nabi Ya’qub. Nabi Yusuf memiliki 3 anak laki-laki dan satu perempuan.

Mau tahu lengkap? Simak dalam artikel tersendiri berjudul kisah nabi yusuf.

 Nabi Syuaib

Nabi  Syu’aib memiliki garis keturunan yang cukup panjang di mana ia adalah cucu dari Arfakhsyadz putra dari Sam bin Nuh. Arfakhsyadz memiliki garis keturunan Syalih kemudian Abir lalu Falij lalu Ra’u kemudian Saruj kemudian Nahur kemudian Azar kemudian Ibrahim as kemudian Madyan lalu Yasyjur dan terakhir Mikail yang kemudian memiliki putra Nabi Syu’aib.

Nabi Ayyub

Nabi Ayub memiliki garis keturunan dari Nabi  Ishaq yang kemudian memiliki putra al-‘Aish lalu Rum lalu Tawakh dan Amush yang menjadi ayah Nabi Ayub.

Nabi Zulkifli

Nabi Zulkifli memiliki garis keturunan langsung dari Nabi Ayub.

Nabi Musa

Nabi Musa memiliki garis keturunan dari keturunan Ya’qub yang berputra Lawi kemudian Azar lalu Qahats lalu Imran dan melahirkan Nabi Musa. Tantangan Terberat dari Nabi Musa adalah melawan seorang raja mesir yang Adikuasa saat itu, bernama Fir’aun. Ceritanya ada di tulisan ini: Kisah Nabi Musa Melawan Fir’aun.

Nabi Harun

Imran ayahanda Nabi Musa juga merupakan ayahanda Harun yang kemudian menyusul Musa menjadi seorang nabi.

Nabi Dawud

Dalam silsilah nabi dan rasul, Nabi Daud memiliki garis keturunan dari Ishaq yang berputra Yahudza kemudian Farish lalu Hashrun kemudian Aram lalu Aminadab lalu Hasyun lalu Salmun lalu Bu’az lalu Uwaibid dan meIahirkan Isya yang kemudian memiliki putra Nabi Daud.

Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman merupakan putra Nabi Daud dari istrinya Batsyeba. Selengkapnya ada di Kisah Nabi Sulaiman.

Nabi Ilyas

Nabi  Ilyas memiliki garis keturunan dari Nabi Harun yang berputra Alzar kemudian Fanhash kemudian Yasin yang merupakan ayahanda Nabi Ilyas.

Nabi Ilyasa’

Nabi Ilyasa’ merupakan garis keturunan dari Nabi Yusuf yang berputra Ifrayim lalu Syutlim dan berputra Akhthub yang kemudian memiliki putra Nabi Ilyasa’.

Nabi Yunus

Nabi Yunus merupakan garis keturunan dari Nabi Yusuf yang berputra Bunyamin kemudian Abumatta lalu Matta dan istrinya yang melahirkan Nabi Yunus As, seperti dalam kisah nabi yunus.

Nabi Zakariya

Nabi Zakariya merupakan garis keturunan nabi Sulaiman yang berputra Rahab’am kemudian memiliki 13 keturunan hingga Dan dan istri yang kemudian melahirkan Nabi Zakariya.

Nabi Yahya

Nabi Yahya merupakan nabi kedua puluh tiga dan merupakan putra dari Nabi Zakariya.

Nabi Isa

Nabi Isa merupakan keturunan dari Maryam yang lahir tanpa ayah berkat mukjizat Allah. Secara silsilah, Maryam merupakan keturunan ke-15 dari Nabi Sulaiman.

Baca selengkapnya tentang Kisah Nabi Isa Singkat

Nabi Muhammad

Silsilah 25 nabi dan rasul sampai pada Muhammad SAW memiliki garis keturunan yang sangat panjang dari Nabi Adam. Nabi Muhammad SAW memiliki garis silsilah ke-30 dari keturunan Nabi Ismail. Nabi Muhammad sendiri merupakan nabi terakhir dan tidak ada lagi nabi-nabi yang lain.

Baca selengkapnya mengenai kisah nabi muhammad SAW

Perbedaan Nabi dan Rasul

Setelah mengetahui silsilah nabi dan rasul, maka ada bainya mengerti apa itu perrbedaan antara rasul dan nabi. Apa yang membedakan antara nabi dan rasul itu sendiri? Seorang nabi adalah seseorang yang menerima wahyu dari Allah Swt dalam bentuk perintah Allah.

Jika ia diperintahkan secara khusus untuk menyampaikan dan menyebarkan perintah Allah ini kepada orang-orang tertentu, maka ia juga disebut rasul, dan jika ia tidak diperintahkan untuk menyampaikan pesan tertentu, maka ia tetap menjadi nabi saja.

Makna yang berbeda untuk Nabi dan Rasul berasal dari perbedaan dalam konotasi dari dua kata dalam bahasa Arab, dan bagaimana keduanya digunakan dalam Al-Qur’an.

Semua umat Islam tentu harus percaya pada semua nabi, meski nabi bukan rasul. Ia mendapat wahyu untuk dirinya sendiri sementara rasul untuk umatnya. Meski berbeda, nabi yang bukan rasul juga menerima wahyu dari Allah, di mana ia diperintahkan untuk mengikuti hukum-hukum Allah. Baik nabi dan rasul keduanya tetap diperintahkan untuk menyampaikan pesan Allah.

Dengan mengetahui perbedaan nabi dan rasul serta bagaimana silsilah nabi dan rasul tentu semua ini akan membantu pengetahuan umat Islam mengenai silsilah utusan-utusan Allah yang masih memiliki satu kesinambungan.

Sumber Silsilah Nabi dan Rasul:

  • www.beritaislam.org
  • Gambar: https://www.efrideplin.com/2019/11/silsilah-25-nabi.html
Summary
Silsilah Nabi dan Rasul
Article Name
Silsilah Nabi dan Rasul
Description
Silsilah Nabi dan Rasul Lengkap. Simak penjelasan keturunan para Nabi dan Perbedaan antara Nabi dan Rasul Allah. Klil disini...
Ustadz My.ID Blog Pendidikan Agama Islam yang membahas tentang pengetahuan Islam secara umum. Mari sampaikan kebaikan meskipun hanya satu kata.

9 Replies to “Silsilah Nabi dan Rasul”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *