Jasa Nikah Siri Kroya

Silahkan Baca Dulu Keterangan di Bawah Ini Sebelum Bertanya Tentang Jasa Nikah Siri Kroya

Bagian ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh orang yang ingin menggunakan Jasa Nikah Siri Kroya. Silahkan baca terlebih dahulu sebelum menghubungi kami. Pernikahan akan dipenghului oleh Ust. Fathur.

Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai Jasa Nikah Siri Kroya, Syarat Nikah Siri, Hukum Nikah Siri, Biaya Nikah Siri, Surat Nikah Siri, Tempat Nikah Siri atau Cara Nikah Siri? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat. Tulisan ini akan membahas tentang informasi ini secara lengkap. 

Tulisan bertujuan murni sebagai informasi dan pengetahuan belaka, kami tidak pernah menyarankan atau memaksakan Anda menyetujui pendapat tulisan ini atau menggunakan jasa tersebut.

Perlu digaris bawahi bahwa sebaik-baiknya pernikahan adalah pernikahan yang dilakukan bersama KUA. 

Sebelumnya saya mengingatkan kepada para pembaca untuk mari kita jauhi Zina, seperti dalam Al Qur’an:

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. (QS Al Isra; 32)

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”

وَقُل لِّلْمُؤْمِنَٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَٰرِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ ءَابَآئِهِنَّ أَوْ ءَابَآءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَآئِهِنَّ أَوْ أَبْنَآءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَٰنِهِنَّ أَوْ بَنِىٓ إِخْوَٰنِهِنَّ أَوْ بَنِىٓ أَخَوَٰتِهِنَّ أَوْ نِسَآئِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُهُنَّ أَوِ ٱلتَّٰبِعِينَ غَيْرِ أُو۟لِى ٱلْإِرْبَةِ مِنَ ٱلرِّجَالِ أَوِ ٱلطِّفْلِ ٱلَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا۟ عَلَىٰ عَوْرَٰتِ ٱلنِّسَآءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِن زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ ٱلْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Ada 3 Cara untuk mengentikan Zina :

  • Adalah berpuasa.
  • Memiliki Rasa Takut akan dosa dan azdab
  • Menikah atau menikahi pasanga anda..

Oke, mari kita mulai dengan membahas mengenai nikah sirri itu sendiri, sebenarnya apa sih nikah siri itu?

Pengertian Nikah Siri

Nikah siri adalah sebuah pernikahan yang dilakukan tanpa proses pencatatan di Kantor Urusan Agama (KUA) atau sering disebut juga dengan nikah di bawah tangan. Artinya pernikahan ini hanya berfokus pada pengesahan secara Agama saja. TIDAK MENDAPAT buku nikah. Namun secara etimologi kata ‘sirri’ sendiri dalam bahasa Arab berarti Rahasia.

Latar Belakang Nikah Siri

Ada banyak hal yang dapat melatarbelakangi seseorang melakukan nikah siri, beberapa hal yang terjadi di masyarakat. Misalnya, seseorang yang masih menunggu proses pengurusan administrasi KUA, agar menghindari zinah maka dilakukanlah nikah sirri. Mempelai pria dan wanita masih dalam bangku kuliah dan ingin menyelesaikan perkuliahannya terlebih dahulu. Seorang pria yang terhalang memiliki keturunan, lalu ingin mendapatkan keturunan dari pasangan yang baru. 

Masih banyak hal yang dapat melatarbelakangi keputusan seseorang untuk memutuskan melakukan hal tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihu wasallam bersabda:

ثَلاثَةٌ يَا عَلِيُّ لاَ تُؤَخِّرْهُنَّ : الصَّلاةُ إِذَا أَتَتْ ، وَالْجَنَازَةُ إِذَا حَضَرَتْ ، وَالأَيِّمُ إِذَا وَجَدَتْ كُفُؤًا

“Wahai Ali, ada tiga perkara yang tidak boleh engkau tunda, yakni :

  • shalat jika telah tiba waktunya, 
  • jenazah apabila telah hadir (Segera Dimaiamkan)
  • dan wanita apabila telah ada calon suami yang sekufu” ( segera Menikah)

(HR. Tirmidzi dan Ahmad; hasan)

Hukum Nikah Siri

Beberapa Mazhab tidak menyetujui fenomena nikah sirri ini. Namun dalam Mazhab Hambali, nikah sirri dibolehkan apabila dilangsungkan menurut ketentuan syariat Islam. Meskipun hal ini dirahasiakan oleh kedua mempelai, wali dan para saksinya harus sesuai dengan ketentuannya. Hanya saja ini hukumnya makruh. Namun jika hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan diri dari perbuatan Zina, Insha Allah lebih baik.

Pasal 4 Kompilasi Hukum Islam (KHI)

Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut Hukum Islam sesuai dengan Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Dalam UU Perkawinan No.1 Tahun 1974,Pasal 1 merumuskan perkawinan adalah ikatan lahir dan batin antara seorang pria dengan seorang wanita untuk membentuk rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pasal 2 UU Perkawinan

  1. Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu.
  2. Tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pernikahan yang telah dilakukan masih bisa dicatat dalam KUA, dengan melakukan pengajuan sidang istbat ke Pengadilan Agama setempat. Hal ini berdasar pada Pasal 7 KHI, yang berbunyi:

  1. Perkawinan hanya dapat dibuktikan dengan Akta Nikah yang dibuat oleh Pegawai Pencatat Nikah.
  2. Dalam hal perkawinan tidak dapat dibuktikan dengan Akat Nikah, dapat diajukan itsbat nikahnya ke Pengadilan Agama.
  3. Itsbat nikah yang dapat diajukan ke Pengadilan Agama terbatas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan:
    1. Adanya perkawinan dalam rangka penyelesaian perceraian;
    2. Hilangnya Akta Nikah;
    3. Adanya keraguan tentang sah atau tidaknya salah satu syarat perkawinan;
    4. Adanya perkawinan yang terjadi sebelum berlakunya Undang-undang No.1 Tahun 1974 dan;
    5. Perkawinan yang dilakukan oleh mereka yang tidak mempunyai halangan perkawinan menurut Undang-Undang No.1 Tahun 1974;
  4. Yang berhak mengajukan permohonan itsbat nikah ialah suami atau isteri, anak-anak mereka, wali nikah dan pihak yang berkepentingan dengan perkawinan itu.

Sumber:

  • https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt527c5976c75aa/status-hukum-perkawinan-siri-tanpa-sepengetahuan-keluarga/
  • https://bimasislam.kemenag.go.id/post/opini/status-nikah-siri-menurut-perundangan-undangan-di-indonesia

Cara Nikah Siri Agama Islam

Cara Nikah Siri dengan menikah biasa pada dasarnya sama persis, bersumber pada satu hal yaitu hukum Islam itu sendiri. Perbedaannya hanya pada saat proses pencatatan di KUA sebagai buku nikah.

وَإِذَا طَلَّقْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَبَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَلَا تَعْضُلُوهُنَّ أَن يَنكِحْنَ أَزْوَٰجَهُنَّ إِذَا تَرَٰضَوْا۟ بَيْنَهُم بِٱلْمَعْرُوفِ ۗ ذَٰلِكَ يُوعَظُ بِهِۦ مَن كَانَ مِنكُمْ يُؤْمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۗ ذَٰلِكُمْ أَزْكَىٰ لَكُمْ وَأَطْهَرُ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Dan apabila kamu menceraikan isteri-isteri (kamu), lalu sampai masa ‘iddahnya, maka jangan kamu (para wali) halangi mereka menikah (lagi) dengan calon suaminya, apabila telah terjalin kecocokan di antara mereka dengan cara yang baik. Itulah yang dinasihatkan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman kepada Allah dan hari Akhir. Itu lebih suci bagimu dan lebih bersih. Dan Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui”. (QS Al Baqarah: 232)

Menurt Mahzab Hanafi, janda bisa menikahkan dirinya sendiri. Syaratnya wali tidak bisa hadir atau wali tidak menyetujui pernikahan tersebut dengan alasan tidak syar’i. Contohnya: tidak setuju karena beda suku, tidak setuju karena status pekerjaan, tidak setuju karena jumlah harta dan sebagainya.

Syarat Nikah Siri Agama Islam

Syarat nikah siri kroya dan syarat nikah KUA pada dasarnya sama saja. Semua harus mengikuti rukun pernikahan menurut agama islam. Apa saja rukun pernikahan dalam islam?

Dikutip dari Imam Zakaria al-Anshari dalam Fathul Wahab bi Syarhi Minhaj al-Thalab (Beirut: Dar al-Fikr), juz II, hal. 41, rukun nikah dalam islam ada 5, yaitu:

  1. Mempelai Pria
  2. Mempelai Wanita
  3. Wali / Wali Hakim
  4. Dua Saksi (Laki-Laki Muslim Baligh)
  5. Shighat (Ijab dan Qabul)

Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/84168/lima-rukun-nikah-dan-penjelasannya

Jasa Penghulu Nikah Siri Jogja

Pada dasarnya, banyak yang bisa menjadi penghulu nikah. Orang-orang dengan landasan agama dan hukum pernikahan yang mumpuni bisa menikahkan orang lain, dan itu boleh. Namun untuk lebih mudahnya, memang kebanyakan orang membayar penghulu jasa nikah siri kroya.

Surat Nikah Siri

Apakah ada surat nikah siri? Apakah berlaku dalam masyarakat? 

Surat nikah siri adalah surat yang diberikan oleh penghulu pelaksana sebagai bukti kepada masyarakat bahwa dua orang tersebut telah melakukan pernikahan. Biasanya surat nikah siri ini ditandatangani oleh Penghulu, Wali, Mempelai Pria dan Wanita, Serta dua orang saksi yang mengikuti pelaksanaan pernikahan tersebut.

Tidak ada satu orangpun yang BERHAK memberikan buku nikah, kecuali KUA. Barang siapa menjanjikan buku nikah dalam proses pelaksanaan nikah siri maka jelas bahwa buku nikah tersebut adalah PALSU.

Hal ini dapat dikenai pidana sesuai aturan yang berlaku di Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, Pasal 37 mengenai Memberikan Keterangan Palsu, Termasuk Keterangan di Atas Sumpah, Membuat Surat Atau Dokumen Palsu, Memalsukan Surat atau Dokumen.

Risiko Jasa Nikah Siri Kroya

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa nikah siri, sebaiknya mempertimbangkan segala risiko. Nikah sirri adalah nikah yang tidak tercatat dalam catatan sipil, tentu hal ini memiliki banyak sekali kelemahan di dalamnya. Beberapa kelemahan tersebut diantaranya:

  • Pengurusan Birokrasi yang Rumit saat Punya Anak, hal ini bisa diatasi dengan jalur Itsbat di pengadilan agama, seperti yang tertulis di atas.
  • Penuntutan ahli waris, gono gini, hak asuh anak dan sebagainya tidak dapat dilakukan secara hukum.
  • Pengajuan gugatan cerai oleh wanita lebih sulit dilakukan, silahkan pelajari sendiri hukumnya secara agama.

Tapi kembali lagi, seperti di awal. Segala hal dan keputusan yang diambil adalah tanggung jawab dan kesiapan masing-masing individu. Apabila ditujukan untuk meningkatkan ketaqwaan dan menjauhi zina, InsyaAllah akan lebih baik kedepannya. Di bawah ini, adalah informasi jasa nikah siri yang berada di berbagai tempat di Indonesia.

Biaya Jasa Nikah Siri Kroya

Biaya jasa nikah siri kroya biasanya bervariasi antara satu dengan yang lainnya. Tidak ada patokan pasti yang dapat menentukan berapa besar biaya tersebut. Silahkan kontak langsung para penyedia jasa nikah siri. 

Cara Pendaftaran Nikah Siri

Syarat yang harus disiapkan:

  1. KTP dan KK (Difoto saja, dikirimkan ke Whatsapp Kami atau Melalui Tombol di paling bawah halaman ini).
  2. Menyebutkan Nama Ayah Kandung Masing-masing.
  3. Tentukan Jadwal Nikah (Tanggal).
  4. Membawa Materai 4 Buah.
  5. Membawa Pas Foto Ukuran 2×3 (masing-masing 2 lembar).
  6. Membawa 2 Orang Saksi (Bisa Dari Kami)

Jasa Nikah Siri, Perlukah?

Menikah siri, jika dilakukan justru akan lebih membawa kebaikan daripada BERZINA. Zina termasuk salah satu Dosa Besar yang dilarang Allah. Perzinaan dapat menjauhkan anda dari keberkahan hidup, menjauhkan dari rizki. Solusi yang paling tepat untuk menghindari dosa besar tersebut adalah dengan melakukan pernikahan.

Jasa nikah siri ada di berbagai kota. Anda dapat mengaksesnya di mesin pencari seperti google atau melihat beberapa contoh di bawah ini:

Tempat Nikah Siri Kroya

  • Anda dapat mengundang kami ke tempat Anda.

Atau 

  • Anda dapat datang ke tempat kami di kroya (dengan menghubungi kami terlebih dahulu)

Alamat Kami Silahkan Klik Tombol Whatsapp di Bawah Ini:

Untuk Menghubungi Jasa Nikah Siri Kroya, Silahkan Menghubungi Saya Ust. Fathur yang Akan Menjadi Penghulunya. Klik Tombol di Bawah Ini:

Selamat datang di situs jasa nikah siri kroya. Seluruh informasi mengenai tata cara nikah siri, aturan nikah siri, hukum nikah siri, dan surat nikah siri ada di bawah ini:

Surat Nikah Siri

Apakah ada surat nikah siri? Apakah berlaku dalam masyarakat? 

Biasanya surat nikah siri diberikan oleh jasa penghulu nikah siri, didalamnya berisi tanda tangan, penghulu, mempelai, dan saksi disertai dengan materai di dalamnya. Surat ini atau akta ini tidak bersifat formal atau legal, hanya sebagai bukti bahwa mempelai telah melakukan pernikahan. Kembali lagi, seperti di atas, nikah siri adalah nikah yang tidak tercatat secara negara. Itu saja.

Dalam masyarakat, biasanya jika ada pasangan dengan status nikah siri akan mempertanyakan surat atau bukti bahwa mereka telah melakukan pernikahan secara agama. Hal ini dapat dikuatkan dengan fotoa atau dokumentasi yang diambil saat proses pernikahan.

Tempat Jasa Nikah Siri Kroya

  • Anda dapat mengundang kami ke tempat Anda.

Atau 

  • Anda dapat datang ke tempat kami (dengan menghubungi kami terlebih dahulu)
  • Anda Mendapatkan Fasilitas yaitu Biaya Sudah Termasuk 2 Orang Saksi Dari Saya, Penghulu & Tempat

Lokasi / Tempat Nikah Siri Kebumen:

Aturan Nikah Siri Kroya

Dalam jasa nikah siri kroya, proses pernikahan wajib mengikuti syariat dan tuntunan islam. Berikut adalah rukun dan syarat nikah:

Rukun Nikah dalam Islam

  1. Ada Mempelai Laki-laki
  2. Ada Mempelai Perempuan
  3. Ada Maskawin
  4. Ada Wali Nikah (Orang Tua Bisa Mewakilkan / Wali Hakim)
  5. Ada 2 Orang Saksi Laki-laki (Muslim)
  6. Adanya Ijab dan Qabul

Syarat sah Nikah Menurut Islam:

  1. Beragama Islam (Bagi Laki-laki)
  2. Tidak ada Hubungan Darah (Mahrom)
  3. Penentuan Wali / Wali Hakim
  4. Tidak Sedang Haji
  5. Tidak Terpaksa Melaksanakannya

Hukum Nikah Siri

Hukum Menurut Agama

Menurut agama Islam jika semua syarat sudah terpenuhi dan dilaksanakan sesuai dengan tuntunan. Maka pernikahan adalah SAH di mata agama.

Rasulullah shallallahu ‘alaihu wasallam bersabda: 

ثَلاثَةٌ يَا عَلِيُّ لاَ تُؤَخِّرْهُنَّ : الصَّلاةُ إِذَا أَتَتْ ، وَالْجَنَازَةُ إِذَا حَضَرَتْ ، وَالأَيِّمُ إِذَا وَجَدَتْ كُفُؤًا 

“Wahai Ali, ada tiga perkara yang tidak boleh engkau tunda, yakni :

1. shalat jika telah tiba waktunya, 

2. jenazah apabila telah hadir (Segera Dimaiamkan)

3. dan wanita apabila telah ada calon suami yang sekufu” ( segera Menikah)(HR. Tirmidzi dan Ahmad; hasan)

Hukum Menurut Negara

Nikah siri adalah nikah yang sah dilakukan menurut Agama, namun memang lemah secara hukum negara karena tidak tercatat dalam catatan sipil. Pengurusan Akta anak, hak waris, dan sebagainya menjadi lemah. 

Dalam UU Perkawinan No.1 Tahun 1974,Pasal 1 merumuskan perkawinan adalah ikatan lahir dan batin antara seorang pria dengan seorang wanita untuk membentuk rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Sedangkan sahnya perkawinan diatus dalam pasal 2 ayat (1) “Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing masing agamanya dan kepercayaannya itu”

Cara Nikah Siri Kroya

Untuk menikah di Jasa Nikah Siri Kroya, Syarat yang harus disiapkan adalah:

  1. KTP dan KK (Difoto saja, dikirimkan ke Whatsapp Kami atau Melalui Tombol Formulir di bawah).
  2. Menyebutkan Nama Ayah Kandung Masing-masing.
  3. Tentukan Jadwal Nikah (Tanggal).
  4. Membawa Materai 4 Buah.
  5. Membawa Pas Foto Ukuran 2×3 (masing-masing 2 lembar).
  6. Siapkan 2 Orang Saksi (Jika Tidak Ada, Maka Kami dapat Menyediakan)